pengenalan kabel jaringan dan Cara membuat kable Crossover dan Straight



Assalamualaikum


kali ini saya akan menjelaskan dan mecontohkan bagaimana cara pembuatan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)


yang pertama kitaharus tau bagian dari kable UTP






1. Bagan Kable UTP / STP / FTP










disini kita lihat ada juga STP sama FTP nah sekalian saja kita kenalkan saudara-saudara dari kable UTP ini


ini penjelasam singkat tentang saudara dan saudari nya kabel UTP


1. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)










Gbr. Model Kabel UTP







Pengertian kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.






Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda. Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.






Fungsinya:


Yaitu digunakan sebagai kabel Jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.






Dalam pemakaian sehari-hari, kabel UTP sudah sangat baik digunakan sebagai kabel jaringan komputer misalnya dalam kegunaan ruang kantor atau dalam sistem jaringan suatu perusahaan. Mengenai beberapa kelemahan dan kekurangan kabel UTP yang tidak tahan terhadap medan elektromagnetik dan kerusakan benturan benda keras, masih bisa diatasi dengan memasang pelindung luar misalnya seperti pipa plastik.






2. KABEL STP (Shielded Twisted Pair)






Gbr. Model Kabel STP



Kabel STP adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi. Terdapat pembungkus tambahan untuk tiap pasangan kabel,Kabel STP juga digunakan untuk jaringan Data, digunakan pada jaringan Token-Ring IBM. Pembungkusnya dapat memberikan proteksi yang lebih baik terhadap interferensi EMI.






Kurangan dan Kelebihan Kabel STP


Kabel STP mempunyai kelemahan, yaitu: Attenuasi meningkat pada frekuensi tinggi. Pada frekuensi tinggi, keseimbangan menurun sehingga tidak dapat mengkompensasi timbulny, Harganya cukup mahal.


Kelebihan Pada kabel STP, didalamnya terdapat satu lapisan pelindung kabel internalsehingga melindungi data yang ditransmisikan dari interferensi/gangguan STP (Shielded Twisted Pair), selain dililitkan, juga punya proteksi terhadap induksi atau interferensi sinyal dari luar kabel berupa lapisan kertas alumunium foil, sebelum jaketpembungkus luar.






Fungsi Kabel STP


Media transmisi digunakan pada beberapa peralatan elektronika untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima supaya dapat melakukan pertukaran data. Beberapa alat elektronika, seperti telepon,komputer televisi dan radio membutuhkan media transmisi untuk dapat menerima data. Seperti pada pesawat telepon, media transmisi yang digunakan untuk menghubungkan dua buah telepon adalah kabel. Setiap peralatan elektronika memiliki media transmisi yang berbeda-beda dalam pengiriman datanya.






3. Kabel FTP (Foiled Twisted Pair)






Gbr. Model Kabel FTP




Tak berbeda jauh dengan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), jenis kabel yang satu ini juga terdiri dari 4 pasang (pair) kabel tembaga, yang mana tiap pair-nya dipilin atau dibelit (twisted) saling berlilitan sehingga membentuk sebuah pola berbentuk spiral. Hanya kabel yang juga dikenal dengan nama S/UTP ini menggunakan aluminium foil yang dipasang tepat di bawah karet luar untuk melindungi isolator sehingga kabel jaringan FTP lebih tahan terhadap interferensi elektromagnetik yang berasal dari sekitar kabel.










2.SUSUNAN STANDART PENGKABELAN EIA 586 BERDASARKAN WARNA KABLE UNTUK STRAIGHT DAN CROSSOVER


Standart Pengkabelan


Setiap kawat didalam kabel jaringan memiliki fungsi yang berbeda sehingga kita tidak bisa asal crimping. Ada dua standart pengkabelan yang sering digunakan yaitu : EIA / TIA 568A dimulai dengan kabel berwarna putih hijau. Maka susunan kabel akan menjadi seperti berikut :









1. Putih Hijau


2. Hijau


3. Putih Orange


4. Biru


5. Putih biru


6. Orange


7. Putih Coklat


8. Coklat






EIA / TIA 568B Straight


susunan kabel dengan stadart EIA ? TIA 568B dimula dengan warna Putih Orange . Urutan lengkap kable dengan standart ini :






;">






Kabel straight dan cross memang sama - sama menghubungkan device ke device lain dalam jaringan komputer, namun device yang bisa dihubungkan dengan masing - masing jenis kabel ini berbeda. Berikut tabel device yang akan dihubungkan dan kabel yang dibutuhkan :



Cara / Contoh Perakitan kabel UTP menjadi Kable Straight 
Alat pendukung dan bahan : 
1. Kabel UTP
bisa di beli via online kalo mau harga murahmeriah dan bisa deibeli di toko listrik dan toko komputer 

2.Konektor RJ45
bisa di dapatkan di toko komputer dan toko elektronik 
5

3. Crimping Tools
bisa di beli via online kalo nggak mau ribet dengan harga relatif mahal kalo untuk kalangan anak sekolah 
4. Taster untuk kable UTP 

Cara Merakit kable Crossover / Straight : 

1 . Kupas kalbe jaket pelindung Pada UTP cara mengupas nya sangat mudah . pisau untuk mengupas pelindung dari UTP sudah berada di bagian Crimping Tools 
Sebelum
Tampilan dalam kabel UTP 
2. Rapikan Kable UTP yang sudah tidak ada pelindung sesuai susunan kable Crossover / Straight 
3. masukan kable UTP yang sudah di rapikan kedalam Konektor  RJ45 yang sudah kita siapkan tadi
 
4. Crimping Kabel UTP yang sudah dimasukan didalam Konektor RJ45 . dan pastikan semua ujung Kable mentok ke ujung Konektor 
dan lakukan hal yang sama keujung kable UTP seperti yang sudah kita kerjakan tadi dan yang terakhir adalah hasil dari yang sudah kita kerjakan / Praktekan 
5. Hasil 
Eits jangan senang dulu Untuk menguji dan mencoba apakah kable sudah terhubung kita melakukan dengan Kable Taster 
untuk Kable Straight semua lampu indikator dari 1 sampai 8 berjalan sama dengan lampu remote yang berada di samping 
dan untuk crossover lampu akan menyilang / tidak seirama 

Foto hanya ilustrasi

kalu teman teman sudah melakukan tester terhadap kable yang sudah teman-teman buat dan sesuai dengan apa yang sudah di atas 
berarti teman-teman sudah berhasil membuat kabel Crossover / Straight 
sekian dari saya trimakasih Assalamualaikum 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INI ADALAH KEGIATAN 6 DARI PEMBLAJARAN P.WEB

Mode Pengalamatan Relatif